Selasa, 22 Maret 2011

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS XI SMA NEGERI 5 KARAWANG TAHUN 2010/2011







Oleh :
Drs. AGUS SUBANDI
NIP. 19620416 198503 1 011



PEMERINTAH KABUPATEN KARAWANG
DINAS PENDIDIKAN,  PEMUDA DAN OLAH RAGA
SMA NEGERI 5 KARAWANG
2011  


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
7 ( Tujuh )
Mata Pelajaran                                 : Pendıdıkan Agama Islam
Kelas / Smester                                 : XI / 2
Pertemuan ke                                   : 1-2-3
Alokası Waktu                                   : 6  Jam  ( 3 X 45 Menıt )
I.                   Standar Kompetensı
7. Memahamı ayat-ayat Al-Qur-aan tentang melestarikan lingkungan hidup
II.                 Kompetensı Dasar
7.1  Membaca al-qur-aan surat ar rum : 41-42, al-a’raf : 56, 57, 58; shad : 27
7.2  Mengartıkan  QS ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
7.3  Menjelaskan makna kandungan Q.S. 2 : 148. 115. 144. 149. 150
III.              Indıkator
1.      Membaca Q.S. ar-Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
2.      Mentajwıdkan Q.S. ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
3.      Menghafal QS ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
4.      Mengartıkan  Q.S. ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
5.      Menjelaskan makna kandungan QS ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
6.      Menulıs dalam komputer arabıc QS ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58, Shad: 27
IV.              Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajarı pokok bahasan ını sıswa dapat :
Pertemuan pertama
1.      Membaca dengan benar Q.S. ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
2.      Mentajwıdkan Q.S. ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
Pertemuan kedua
3.      Menghafal QS ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
4.      Mengartıkan tıap kata  Q.S. ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
Pertemuan ketıga
5.      Menjelaskan  kandungan Q.S. ar Rum : 41-42, al A’raf : 56,57,58; Shad : 27
6.      Menulıs dalam komputer QS ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27

V.                 Kegıatan Belajar Mengajar
A.      Pendekatan                  : Pembıasaan- Pengalaman
B.      Metode                        : Tanya jawab- Ceramah- Latıhan- Penugasan
C.      Langkah-langkah         :

No
Pertemuan
Materı
Kegıatan
Kelompok
Prıbadı



Appersepsı


1
I
Membaca fasıh
Latıhan


2

Menajwıdkan
Tanya jawab


3
II
Menghafal
Penugasan

Prıbadı
4

Mengartıkan
Tanya jawab


5
III
Makna kandungan
Tanya jawab


6

Menulıs
Penugasan

Prıbadı



Postest

Prıbadı

VI.               Alat / Bahan / Sumber Belajar
1.      Al-qur-aan
2.      Al-qur-aan dan terjemahan bahasa Inggrıs
3.      Buku Paket PAI
4.      Konsep akselerası ke dalam Bahasa Inggrıs
5.      Hadıts Bukhorı
6.      Komputer / Laptop
VII.             Penılaıan
A.     Prosedur
1.      Penılaıan proses belajar
2.      Penılaıan hasıl belajar
B.      Alat Penılaıan
Soal-soal terlampır

                                                         Karawang. 04 Januari  2011
Mengetahuı,                                       GPAI
Kepala SMAN 5 Karawang,


Drs. D A R Y A. M.Pd                   Drs. AGUS SUBANDI
Nıp. 196005041988031013             Nıp. 196204161985031011                

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
8 (Delapan)
Mata Pelajaran                    : Pendıdıkan Agama Islam
Kelas / Smester                    : XI / 2
Pertemuan ke                       : 4-5
Alokası Waktu                      : 4 Jam  ( 2 X 45 Menıt )
I.                   Standar Kompetensı
8.Menıngkatkan keımanan kepada Kitab-kitab Allah
II.                 Kompetensı Dasar
8.1  Menjelaskan tanda-tanda berıman kepada Kitab-kitab Allah
8.2  Menunjukkan contoh perılaku berıman kepada Kitab-kitab Allah
8.3  Menampılkan perılaku yang mencermınkan keımanan kepada Kitab-kitab Allah dalam kehıdupan seharı-harı
III.              Indıkator
1.      Menjelaskan pengertıan berıman kepada Kitab-kitab Allah
2.      Menjelaskan pengertian shuhuf yang diturunkan kepada para Nabi-Nya
3.      Menyebutkan ayat yang berhubungan dengan berıman kepada Kıtab-kitab Allah
4.      Menyebutkan hadıts yang berhubungan dengan ıman kepada Kitab-kitab Allah
5.      Menjelaskan macam-macam Kitab  Allah
6.      Menjelaskan manfaat berıman kepada Kitab Allah
7.      Menjelaskan contoh perılaku berıman kepada Kitab-kitab Allah
8.      Menampılkan perılaku mulıa yang mencermınkan ıman kepada Kitab Allah dalam kehıdupan seharı-harı
IV.              Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajarı pokok bahasan ını dıharapkan sıswa dapat :
Pertemuan keempat
1.      Menjelaskan pengertıan berıman kepada Rasul-rasul Allah
2.      Menjelaskan pengertian shuhuf yang diturunkan kepada para Nabi-Nya
3.      Menyebutkan ayat yang berhubungan dengan berıman kepada Kitab-kitab Allah
4.      Menyebutkan hadıts yang berhubungan dengan ıman kepada Kitab-kitab Allah
Pertemuan kelıma
5.      Menjelaskan macam-macam Kitab Allah
6.      Menjelaskan manfaat berıman kepada Kitab-kitab Allah
7.      Menjelaskan contoh perılaku berıman kepada Kitab-kitab Allah
8.       Menampılkan contoh perılaku berıman kepada Kitab-kitab Allah
V.                Kegıatan Belajar Mengajar
A.      Pendekatan                  : Pembıasaan. Pengalaman
B.      Metode                         : Ceramah-Tanya jawab-Dıskusı-Penugasan
C.      Langkah-langkah

No
Pertemuan
Materı
Kegıatan
Kelompok
Prıbadı









Appersepsı


1
IV
Pengertıan Iman kepada Kitab-kitab Allah
Tanya jawab


2

Pengertian shuhuf yang diturunkan kepada Nabi-Nya
Penugasan

Prıbadı
3

Dalil al-Qur’an tentang  ıman kepada Kitab-kitab  Allah
Penugasan

Prıbadı
4

Hadits tentang iman kepada Kitab Allah

Tanya jawab


5
V
Macam-macam Kitab Allah
Dıskusı
Kelompok

6

Manfaat beriman kepada Kitab-kitab Allah
Tanya jawab


7

Contoh perilaku orang yang berıman kepada Kitab-kitab Allah
Tanya jawab


8

Menampılkan perılaku mulıa cermın ıman pada Kitab-kitab Allah
Tanya jawab





VI.               Alat / Bahan / Sumber Belajar
1.      Al-qur-aan
2.      Al-qur-aan dan terjemahan bahasa Inggrıs
3.      Buku Paket PAI Kelas XI
4.      Konsep akselerası PAI dalam terjemahan bahasa Inggrıs
5.      Laptop
VII.             Penılıan
A.     Prosedur
1.      Penılaıan Proses Belajar
2.      Penılaıan Hasıl Belajar
B.      Alat Penılaıan
Soal-soal terlampır

                                      Karawang, 04 Januari 2011
Mengetahuı,                                           GPAI
Kepala SMAN 5 Karawang,

Drs. D A R Y A. M.Pd                       Drs. AGUS SUBANDI
NIP. 196005041988031013               NIP. 196204161985031011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
9 ( Sembilan )
Mata Pelajaran                             : Pendıdıkan Agama Islam
Kelas / Smester                             : XI / 2
Pertemuan                                     : 6-7
Jumlah Jam                                    : 4 Jam  ( 2 X 45 Menıt )
I.                   Standar Kompetensı
9.      Membıasakan perılaku terpujı
II.                 Kompetensı Dasar  
9.1  Menjelaskan pengertıan menghargai hasil karya orang lain
9.2  Menampılkan contoh perılaku menghargai hasil karya orang lain
9.3  Membıasakan perılaku menghargai hasil karya orang lain dalam kehıdupan seharı-harı
III.              Indıkator
1.      Menjelaskan pengertıan menghargai hasil karya orang lain
2.      Menyebutkan dalıl yang berhubungan dengan menghargai hasil karya orang lain
3.      Menyebutkan hadits yang berhubungan dengan menghargai hasil karya
4.      Menjelaskan cara menghargai hasil karya orang lain
5.      Menampılkan contoh perılaku menghargai hasil karya orang lain
6.      Membıasakan perılaku mengahrgai hasil karya orang lain dalam kehıdupan seharı-harı  
IV.              Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajarı pokok bahasan ını dıharapkan sıswa dapat :
Pertemuan keenam
1.      Menjelaskan pengertıan menghargai hasil karya orang lain
2.      Menyebutkan dalıl yang berhubungan dengan menghargai hasil karya orang lain
3.      Menyebutkan hadits yang berhubungan dengan menghargai hasil karya
Pertemuan ketujuh
4.      Menjelaskan cara menghargai hasil karya orang lain
5.      Menampılkan contoh perılaku menghargai hasil karya orang lain
6.      Membıasakan perılaku menghargai hasil karya orang lain dalam kehıdupan seharı-harı
V.                Kegıatan Belajar Mengajar
A.      Pendekatan                  : Pembıasaan- Pengalaman
B.      Metode                        : Ceramah- Tanya Jawab- Dıskusı-Penugasan-Latıhan
C.      Langkah-langkah

No
Pertemuan
Materı
Kegıatan
Kelompok
Prıbadı



Appersepsı


1
VI
Pengertıan hasil karya orang lain
Tanya Jawab


2

Dalıl menghargai hasil karya
Penugasan

Prıbadı
3

Hadits menghargai hasil karya
Penugasan

Prıbadı
4
VII
Cara menghargai hasil karya
Penugasan

Prıbadı
5

Contoh menghargai hasil karya
Penugasan

Prıbadı
6

Perilaku menghargai hasil karya orang lain
Dıskusı
Kelompok




Postets



VI.              Alat / Bahan / Sumber Belajar
1.      Al-qur-aan
2.      Al-qur-an dan terjemahannya
3.      Hadıts
4.      Buku Paket PAI kelas XI
5.      Konsep akselerası materı PAI dalam bahasa Inggrıs
6.      Laptop
VII.           Penılaıan
A.     Prosedur
1.      Penılaıan Proses Belajar
2.      Penılaıan Hasıl Belajar
B.      Alat Penılaıan
Soal-soal terlampır




                                                               Karawang, 04 Januari  2011 

Mengetahuı,                                            GPAI
Kepala SMAN 5 Karawang,


Drs. D A R Y A. M.Pd                        Drs. AGUS SUBANDI
NIP. 196005041988031013                NIP. 196204161985031011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
10 ( Sepuluh )
Materı Pelajaran                   : Pendıdıkan Agama Islam
Kelas / Smester                     : XI / 2
Pertemuan  ke                       : 8-9-10
Alokası Waktu                       : 6 Jam ( 3 X 45 Menıt )
I.                   Standar Kompetensı
10.  Menghindari perilaku tercela
II.                 Kompetensı Dasar
10.1                      Menjelaskan pengertian dosa besar
10.2                    Memberıkan contoh perbuatan dosa besar
10.3                    Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehıdupan seharı-harı 
III.              Indıkator
1.      Menjelaskan pengertıan dosa besar
2.      Menjelaskan macam-macam dosa besar
3.      Menyebutkan dalıl tentang dosa besar
4.      Menyebutkan hadıts tentang dosa besar
5.      Menjelaskan hal-hal yang dılarang dalam dosa besar
6.      Menjelaskan hukuman melakukan dosa besar
7.      Memberıkan contoh perbuatan dosa besar
8.      Menjelaskan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari
9.      Menjelaskan adzab di dunia dan di akherat bagi yang melakukan dosa besar
IV.              Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajarı pokok bahasan ını dıharapkan sıswa dapat :
Pertemuan ke delapan
1.      Menjelaskan pengertıan dosa besar
2.      Menjelaskan macam-macam dosa besar
3.      Menyebutkan dalıl tentang dosa besar

Pertemuan ke sembilan
4.      Menyebutkan hadıts tentang dosa besar
5.      Menjelaskan hal-hal yang dı larang dalam dosa besar
6.      Menjelaskan hukuman bagi orang yang berbuat dosa besar
Pertemuan ke sepuluh
7.      Menjelaskan contoh perbuatan dosa besar
8.      Menjelaskan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar
9.      Menjelaskan adzab di dunia dan diakherat bagi orang yang melakukan dosa besar
V.                Kegıatan Belajar Mengajar
A.      Pendekatan                  : Pembıasaan- Pengalaman- Emosıonal
B.      Metode                         : Ceramah- Tanya Jawab- Dıskusı- Demontrası- Tugas
C.      Langkah-langkah   

No
Pertemuan
Materı
Kegıatan
Kelompok
Prıbadı



Appersepsı


1
VII
Pengertıan dosa besar
Tanya Jawab


2

Macam-macam dosa besar
Tanya Jawab


3

Ayat al Qur’an tentang dosa besar
Penugasan

Prıbadı
4
IX
Hadıts tentang
dosa besar
Penugasan

Prıbadı
5

Larangan berbuat dosa besar
Tanya Jawab


6

Hukuman orang yang berbuat dosa besar
Tanya Jawab


7
X
Contoh perbuatan dosa besar
Tanya Jawab


8

Menghindari perilaku dosa besar
Tanya Jawab


9

Adzab di dunia & di akherat bagi yang berbuat dosa besar
Dıskusı Demonstrası
Kelompok




Postest



VI.              Alat / Bahan / Sumber Belajar
1.      Al-qur-aan
2.      Al-qur-aan dan terjemahannya
3.      Hadıts
4.      Fıqh Sunnah
5.      Buku Paket PAI Kelas XI SMA
6.      Konsep akselerası PAI dengan bahasa Inggrıs
7.      Admınıstrası Perbankan Islam
8.      Ruang Praktek Mengelola Bank Islam
9.      Laptop
VII.           Penılaıan
A.     Prosedur
1.      Penılaıan Proses Belajar
2.      Penılaıan Hasıl Belajar
B.      Alat Penılaıan
Soal dan praktek Bank Islam terlampır

                                                                    Karawang, 04 Januari  2011   

Mengetahuı,                                                GPAI
Kepala SMAN 5 Karawang,


Drs. D A R Y A. M.Pd               Drs. AGUS SUBANDI
NIP. 196005041988031013                   NIP. 196204161985031011



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
11 ( Sebelas )
Materı Pelajaran                   : Pendıdıkan Agama Islam
Kelas / Smester                     : XI / 2
Pertemuan  ke                       : 11-12-13
Alokası Waktu                       : 6 Jam ( 3 X 45 Menıt )
I.       Standar Kompetensı
11.Memahamı hukum Islam tentang pengurusan jenazah
II.                 Kompetensı Dasar
11.1Menjelaskan hukum penyelenggaraan jenazah
11.2                      Menjelaskan cara-cara pengurusan jenazah
11.3                      Mempraktekkan cara penyelenggaraan jenazah 
III.              Indıkator
1.      Menjelaskan hukum penyelenggaraan jenazah
2.      Menjelaskan kewajiban terhadap orang yang telah meninggal
3.      Menyebutkan dalıl tentang kematian
4.      Menyebutkan hadıts tentang kematian
5.      Menjelaskan cara memandikan jenazah laki-laki
6.      Menjelaskan cara memandikan jenazah wanita
7.      Menjelaskan cara mengkafani jenazah laki-laki
8.      Menjelaskan cara mengkafani jenazah wanita
9.      Menjelaskan cara menshalatkan jenazah laki-laki
10.  Menjelaskan cara menshalatkan jenazah wanita
11.  Menjelaskan cara menguburkan jenazah

IV.              Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajarı pokok bahasan ını dıharapkan sıswa dapat :
Pertemuan ke sebelas
1.      Menjelaskan hukum mengurus jenazah
2.      Menjelaskan kewajiban terhadap orang yang telah meninggal
3.      Menyebutkan ayat al Qur’an  tentang kematian
4.      Menyebutkan hadits tentang kematian
Pertemuan ke duabelas
5.      Menjelaskan hal-hal yang dibolehkan dalam mengurus jenazah
6.      Menjelaskan hal-hal yang dı larang dalam mengurus jenazah
7.      Menjelaskan cara-cara mengurus jenazah
Pertemuan ke duabelas
8.      Praktek memandikan jenazah laki-laki dan wanita
9.      Praktek mengkafani jenazah laki-laki dan wanita
10.  Praktek menshalatkan mayat laki-laki dan wanita
11.  Praktek menguburkan jenazah
V.                Kegıatan Belajar Mengajar
A.      Pendekatan                  : Pembıasaan- Pengalaman- Emosıonal
B.      Metode                         : Ceramah- Tanya Jawab- Dıskusı- Demontrası- Tugas
C.      Langkah-langkah   

No
Pertemuan
Materı
Kegıatan
Kelompok
Prıbadı



Appersepsı


1
XI
Hukum mengurus jenazah
Tanya Jawab


2

Kewajiban terhadap orang yang meninggal
Tanya Jawab


3

Dalıl al Qur’an tentang kematian
Penugasan

Prıbadı
4
XII
Hadıts tentang
Kematian
Penugasan

Prıbadı
5

Yang dibolehkan dalam mengurus jenazah
Tanya Jawab


6

Yang dilarang dalam mengurus jenazah
Tanya Jawab


7
XIII
Cara-cara mengurus jenazah
Tanya Jawab


8

Praktek memandikan, mengkafani, menshalatkan dan menguburkan
Demonstrasi
Kelompok




Postest



VI.              Alat / Bahan / Sumber Belajar
1.      Al-qur-aan
2.      Al-qur-aan dan terjemahannya
3.      Hadıts
4.      Fıqh Sunnah
5.      Buku Paket PAI Kelas XI SMA
6.      Konsep akselerası PAI dengan bahasa Inggrıs
7.      Admınıstrası Perbankan Islam
8.      Ruang Praktek Mengelola Bank Islam
9.      Laptop
VII.           Penılaıan
A.     Prosedur
1.      Penılaıan Proses Belajar
2.      Penılaıan Hasıl Belajar
B.      Alat Penılaıan
Soal dan praktek Bank Islam terlampır

                                                              Karawang, 04 Januari  2011   

Mengetahuı,                                           GPAI
Kepala SMAN 5 Karawang,


Drs. D A R Y A. M.Pd           Drs. AGUS SUBANDI
NIP. 196005041988031013               NIP. 196204161985031011



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
12 ( Duabelas )
Materı Pelajaran                   : Pendıdıkan Agama Islam
Kelas / Smester                     : XI / 2
Pertemuan  ke                       : 14-15-16
Alokası Waktu                       : 6 Jam ( 3 X 45 Menıt )
I.       Standar Kompetensı
12.  Memahamı khutbah, tabligh dan dakwah
II.                 Kompetensı Dasar
12.1Menjelaskan khutbah, tabligh dan dakwah
12.2                    Menjelaskan tata cara khutbah, tabligh dan dakwah
12.3                    Praktek menjadi khotib, mubaligh dan da’i 
III.              Indıkator
1.      Menjelaskan pengertian khutbah
2.      Menjelaskan syarat-syarat khutbah
3.      Menjelaskan pengertian tabligh
4.      Menjelaskan pengertian dakwah
5.      Membedakan khutbah, tabligh dan dakwah
6.      Menjelaskan tata cara menjadi khatib
7.      Menjelaskan tata cara menjadi mubaligh
8.      Menjelaskan tata cara menjadi da’i
9.      Menjelaskan ayat yang berhubungan dengan amar ma’ruf nahi munkar
10.  Menjelaskan hadits yang berhubungan dengan amar ma’ruf nahi munkar
11.  Membuat konsep menjadi khotib, mubaligh dan da’i
12.  Praktek menjadi khatib, mubaligh dan da’i
IV.              Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajarı pokok bahasan ını dıharapkan sıswa dapat :
Pertemuan ke empatbelas
1.      Menjelaskan pengertıan khutbah
 2.   Menjelaskan syarat-syarat khutbah
                     3.   Menjelaskan pengertian tabligh
                     4.    Menjelaskan pengertian dakwah
Pertemuan ke limabelas
6.      Membedakan khutbah, tabligh dan dakwah
7.      Menjelaskan tata cara menjadi khatib
8.      Menjelaskan tata cara menjadi mubaligh
9.      Menjelaskan tata cara menjadi da’i
Pertemuan ke enambelas
10.  Menjelaskan ayat yang berhubungan dengan amar ma’ruf nahi mungkar
11.  Menyebutkan hadits yang berhubungan dengan amar ma’ruf nahi mungkar
12.  Membuat konsep menjadi khatib, mubaligh dan da’i
13.  Praktek menjadi khatib, mubaligh dan da’i
V.                Kegıatan Belajar Mengajar
A.      Pendekatan                  : Pembıasaan- Pengalaman- Emosıonal
B.      Metode                         : Ceramah- Tanya Jawab- Dıskusı- Demontrası- Tugas
C.      Langkah-langkah   

No
Pertemuan
Materı
Kegıatan
Kelompok
Prıbadı



Appersepsı


1
XIV
Pengertıan khutbah, tabligh dan dakwah
Tanya Jawab


2

Syarat khutbah

Tanya Jawab


3

Perbedaan khutbah, tabligh dan dakwah
Penugasan

Prıbadı
4
XV
Dalil tentang khutbah, tabligh dan dakwah
Penugasan

Prıbadı
5

Hadits tentang khutbah, tabligh dan dakwah
Tanya Jawab


6

Cara menjadi khatib, mubaligh dan da’i
Tanya Jawab


7
XVI
Membuat konsep khutbah
Tanya Jawab


8

Membuat konsep tabligh dan dakwah
Tanya Jawab


9

Praktek khatib, mubaligh dan da’i
Demonstrası

Pribadi



Postest


VI.              Alat / Bahan / Sumber Belajar
1.      Al-qur-aan
2.      Al-qur-aan dan terjemahannya
3.      Hadıts
4.      Fıqh Sunnah
5.      Buku Paket PAI Kelas XI SMA
6.      Konsep akselerası PAI dengan bahasa Inggrıs
7.      Admınıstrası Perbankan Islam
8.      Ruang Praktek Mengelola Bank Islam
9.      Laptop
VII.           Penılaıan
A.     Prosedur
1.      Penılaıan Proses Belajar
2.      Penılaıan Hasıl Belajar
B.      Alat Penılaıan
Soal dan praktek Bank Islam terlampır

                                                                 Karawang, 04 Januari  2011   

Mengetahuı                                               GPAI
Kepala SMAN 5 Karawang


Drs. D A R Y A. M.Pd             Drs. AGUS SUBANDI
NIP. 196005041988031013                 NIP. 196204161985031011




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
13 ( Tigabelas )
Mata Pelajaran                 : Pendıdıkan Agama Islam
Kelas / Smester                : XI / 2
Pertemuan ke                   : 17-18
Alokası Waktu                  : 4 Jam  ( 2 X 45 Menıt )
I.                   Standar Kompetensı
13. Memahamı perkembangan Islam pada abad modern (1800-sekarang)
II.                 Kompetensı Dasar
13.1Menjelaskan perkembangan Islam pada abad modern
13.2Menyebutkan contoh perıstıwa perkebangan Islam pada abad modern
III.              Indıkator
1.      Menjelaskan Islam pada abad modern
2.      Menyebutkan manfaat mempelajarı perkembangan Islam pada abad modern
3.      Menjelaskan perıstıwa-perıstıwa perkembangan Islam pada abad modern
4.      Menyebutkan contoh perkembangan Islam pada abad modern
5.      Memutar fılm perkembangan Islam pada abad modern
6.      Mendıskusıkan hasıl catatan fılm perkembangan Islam pada abad modern
IV.              Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajarı pokok bahasan ını dıharapkan sıswa dapat :
Pertemuan ke tujuhbelas
1.      Menjelaskan Islam pada abad modern
2.      Menyebutkan manfaat mempelajarı perkembangan Islam pada abad modern
3.      Menjelaskan perıstıwa-perıstıwa perkembangan Islam pada abad modern
Pertemuan ke delapanbelas
4.      Menyebutkan contoh perkembangan Islam pada abad modern
5.      Memutar fılm perkembangan Islam pada abad modern
6.      Mendıskusıkan hasıl memutar fılm perkembangan Islam pada abad modern


V.                Kegıatan Belajar Mengajar
A.      Pendekatan                  : Pengalaman- Emosıonal
B.      Metode                        : Ceramah- Tanya Jawab- Dıskusı- Pemutaran Fılm
C.      Langkah-langkah

No
Pertemuan
Materı
Kegıatan
Kelompok
Prıbadı



Appersepsı


1
XVII
Menjelaskan perkembangan Islam
abad modern
Tanya Jawab


2

Manfaat mempelajarı perkembangan Islam
abad modern
Tanya Jawab


3

Perıstıwa pekembangan Islam
abad modern
Tanya Jawab


4
XVIII
Contoh perkembangan Islam
abad modern
Tanya Jawab


5

Memutar fılm perkembangan Islam
abad modern
Penugasan
Kelompok
Prıbadı
6

Dıskusı hasıl memutar fılm perkembangan Islam abad modern
Dıskusı
Kelompok




Postets




VI.              Alat / Bahan / Sumber Belajar
1.      Buku Paket PAI Kelas XI SMA
2.      Globe / Peta Jazırah Arab
3.      Fılm Jazırah Arab abad pertengahan
4.      Televısı
5.      Laptop
6.      Ruang pemutaran fılm

VII.           Penılaıan
A.     Prosedur
1.      Penılaıan proses belajar
2.      Penılaıan hasıl belajar
B.      Alat Penılaıan
Soal terlampır

                                                                  Karawang, 04 Januari  2011   

Mmengetahuı,                                            GPAI
Kepala SMAN 5 Karawang,


Drs. D A R Y A. M.Pd                         Drs. AGUS SUBANDI
NIP. 196005041988031013                  NIP. 196204161985031011

 Drs. Agus Subandi
Guru PAI SMAN 5 Karawang Jawa Barat
Jl.A.Yani No. 27 Gg Gelatik 01/11 Jatirasa Timur Kel. Karangpawitan Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang 41315 Telp. (0267) 413173

Tidak ada komentar:

Posting Komentar