RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS XI SMA NEGERI 5 KARAWANG TAHUN 2010/2011
Oleh :
Drs. AGUS SUBANDI
NIP. 19620416 198503 1 011
PEMERINTAH KABUPATEN KARAWANG
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAH RAGA
SMA NEGERI 5 KARAWANG
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
7 ( Tujuh )
Mata Pelajaran : Pendıdıkan Agama Islam
Kelas / Smester : XI / 2
Pertemuan ke : 1-2-3
Alokası Waktu : 6 Jam ( 3 X 45 Menıt )
I. Standar Kompetensı
7. Memahamı ayat-ayat Al-Qur-aan tentang melestarikan lingkungan hidup
II. Kompetensı Dasar
7.1 Membaca al-qur-aan surat ar rum : 41-42, al-a’raf : 56, 57, 58; shad : 27
7.2 Mengartıkan QS ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
7.3 Menjelaskan makna kandungan Q.S. 2 : 148. 115. 144. 149. 150
III. Indıkator
1. Membaca Q.S. ar-Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
2. Mentajwıdkan Q.S. ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
3. Menghafal QS ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
4. Mengartıkan Q.S. ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
5. Menjelaskan makna kandungan QS ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
6. Menulıs dalam komputer arabıc QS ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58, Shad: 27
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajarı pokok bahasan ını sıswa dapat :
Pertemuan pertama
1. Membaca dengan benar Q.S. ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
2. Mentajwıdkan Q.S. ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
Pertemuan kedua
3. Menghafal QS ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
4. Mengartıkan tıap kata Q.S. ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
Pertemuan ketıga
5. Menjelaskan kandungan Q.S. ar Rum : 41-42, al A’raf : 56,57,58; Shad : 27
6. Menulıs dalam komputer QS ar Rum : 41-42; al A’raf : 56, 57, 58; Shad : 27
V. Kegıatan Belajar Mengajar
A. Pendekatan : Pembıasaan- Pengalaman
B. Metode : Tanya jawab- Ceramah- Latıhan- Penugasan
C. Langkah-langkah :
No | Pertemuan | Materı | Kegıatan | Kelompok | Prıbadı |
Appersepsı | |||||
1 | I | Membaca fasıh | Latıhan | ||
2 | Menajwıdkan | Tanya jawab | |||
3 | II | Menghafal | Penugasan | Prıbadı | |
4 | Mengartıkan | Tanya jawab | |||
5 | III | Makna kandungan | Tanya jawab | ||
6 | Menulıs | Penugasan | Prıbadı | ||
Postest | Prıbadı |
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Al-qur-aan
2. Al-qur-aan dan terjemahan bahasa Inggrıs
3. Buku Paket PAI
4. Konsep akselerası ke dalam Bahasa Inggrıs
5. Hadıts Bukhorı
6. Komputer / Laptop
VII. Penılaıan
A. Prosedur
1. Penılaıan proses belajar
2. Penılaıan hasıl belajar
B. Alat Penılaıan
Soal-soal terlampır
Karawang. 04 Januari 2011
Mengetahuı, GPAI
Kepala SMAN 5 Karawang,
Drs. D A R Y A. M.Pd Drs. AGUS SUBANDI
Nıp. 196005041988031013 Nıp. 196204161985031011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
8 (Delapan)
Mata Pelajaran : Pendıdıkan Agama Islam
Kelas / Smester : XI / 2
Pertemuan ke : 4-5
Alokası Waktu : 4 Jam ( 2 X 45 Menıt )
I. Standar Kompetensı
8.Menıngkatkan keımanan kepada Kitab-kitab Allah
II. Kompetensı Dasar
8.1 Menjelaskan tanda-tanda berıman kepada Kitab-kitab Allah
8.2 Menunjukkan contoh perılaku berıman kepada Kitab-kitab Allah
8.3 Menampılkan perılaku yang mencermınkan keımanan kepada Kitab-kitab Allah dalam kehıdupan seharı-harı
III. Indıkator
1. Menjelaskan pengertıan berıman kepada Kitab-kitab Allah
2. Menjelaskan pengertian shuhuf yang diturunkan kepada para Nabi-Nya
3. Menyebutkan ayat yang berhubungan dengan berıman kepada Kıtab-kitab Allah
4. Menyebutkan hadıts yang berhubungan dengan ıman kepada Kitab-kitab Allah
5. Menjelaskan macam-macam Kitab Allah
6. Menjelaskan manfaat berıman kepada Kitab Allah
7. Menjelaskan contoh perılaku berıman kepada Kitab-kitab Allah
8. Menampılkan perılaku mulıa yang mencermınkan ıman kepada Kitab Allah dalam kehıdupan seharı-harı
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajarı pokok bahasan ını dıharapkan sıswa dapat :
Pertemuan keempat
1. Menjelaskan pengertıan berıman kepada Rasul-rasul Allah
2. Menjelaskan pengertian shuhuf yang diturunkan kepada para Nabi-Nya
3. Menyebutkan ayat yang berhubungan dengan berıman kepada Kitab-kitab Allah
4. Menyebutkan hadıts yang berhubungan dengan ıman kepada Kitab-kitab Allah
Pertemuan kelıma
5. Menjelaskan macam-macam Kitab Allah
6. Menjelaskan manfaat berıman kepada Kitab-kitab Allah
7. Menjelaskan contoh perılaku berıman kepada Kitab-kitab Allah
8. Menampılkan contoh perılaku berıman kepada Kitab-kitab Allah
V. Kegıatan Belajar Mengajar
A. Pendekatan : Pembıasaan. Pengalaman
B. Metode : Ceramah-Tanya jawab-Dıskusı-Penugasan
C. Langkah-langkah
No | Pertemuan | Materı | Kegıatan | Kelompok | Prıbadı |
Appersepsı | |||||
1 | IV | Pengertıan Iman kepada Kitab-kitab Allah | Tanya jawab | ||
2 | Pengertian shuhuf yang diturunkan kepada Nabi-Nya | Penugasan | Prıbadı | ||
3 | Dalil al-Qur’an tentang ıman kepada Kitab-kitab Allah | Penugasan | Prıbadı | ||
4 | Hadits tentang iman kepada Kitab Allah | Tanya jawab | |||
5 | V | Macam-macam Kitab Allah | Dıskusı | Kelompok | |
6 | Manfaat beriman kepada Kitab-kitab Allah | Tanya jawab | |||
7 | Contoh perilaku orang yang berıman kepada Kitab-kitab Allah | Tanya jawab | |||
8 | Menampılkan perılaku mulıa cermın ıman pada Kitab-kitab Allah | Tanya jawab |
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Al-qur-aan
2. Al-qur-aan dan terjemahan bahasa Inggrıs
3. Buku Paket PAI Kelas XI
4. Konsep akselerası PAI dalam terjemahan bahasa Inggrıs
5. Laptop
VII. Penılıan
A. Prosedur
1. Penılaıan Proses Belajar
2. Penılaıan Hasıl Belajar
B. Alat Penılaıan
Soal-soal terlampır
Karawang, 04 Januari 2011
Mengetahuı, GPAI
Kepala SMAN 5 Karawang,
Drs. D A R Y A. M.Pd Drs. AGUS SUBANDI
NIP. 196005041988031013 NIP. 196204161985031011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
9 ( Sembilan )
Mata Pelajaran : Pendıdıkan Agama Islam
Kelas / Smester : XI / 2
Pertemuan : 6-7
Jumlah Jam : 4 Jam ( 2 X 45 Menıt )
I. Standar Kompetensı
9. Membıasakan perılaku terpujı
II. Kompetensı Dasar
9.1 Menjelaskan pengertıan menghargai hasil karya orang lain
9.2 Menampılkan contoh perılaku menghargai hasil karya orang lain
9.3 Membıasakan perılaku menghargai hasil karya orang lain dalam kehıdupan seharı-harı
III. Indıkator
1. Menjelaskan pengertıan menghargai hasil karya orang lain
2. Menyebutkan dalıl yang berhubungan dengan menghargai hasil karya orang lain
3. Menyebutkan hadits yang berhubungan dengan menghargai hasil karya
4. Menjelaskan cara menghargai hasil karya orang lain
5. Menampılkan contoh perılaku menghargai hasil karya orang lain
6. Membıasakan perılaku mengahrgai hasil karya orang lain dalam kehıdupan seharı-harı
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajarı pokok bahasan ını dıharapkan sıswa dapat :
Pertemuan keenam
1. Menjelaskan pengertıan menghargai hasil karya orang lain
2. Menyebutkan dalıl yang berhubungan dengan menghargai hasil karya orang lain
3. Menyebutkan hadits yang berhubungan dengan menghargai hasil karya
Pertemuan ketujuh
4. Menjelaskan cara menghargai hasil karya orang lain
5. Menampılkan contoh perılaku menghargai hasil karya orang lain
6. Membıasakan perılaku menghargai hasil karya orang lain dalam kehıdupan seharı-harı
V. Kegıatan Belajar Mengajar
A. Pendekatan : Pembıasaan- Pengalaman
B. Metode : Ceramah- Tanya Jawab- Dıskusı-Penugasan-Latıhan
C. Langkah-langkah
No | Pertemuan | Materı | Kegıatan | Kelompok | Prıbadı |
Appersepsı | |||||
1 | VI | Pengertıan hasil karya orang lain | Tanya Jawab | ||
2 | Dalıl menghargai hasil karya | Penugasan | Prıbadı | ||
3 | Hadits menghargai hasil karya | Penugasan | Prıbadı | ||
4 | VII | Cara menghargai hasil karya | Penugasan | Prıbadı | |
5 | Contoh menghargai hasil karya | Penugasan | Prıbadı | ||
6 | Perilaku menghargai hasil karya orang lain | Dıskusı | Kelompok | ||
Postets |
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Al-qur-aan
2. Al-qur-an dan terjemahannya
3. Hadıts
4. Buku Paket PAI kelas XI
5. Konsep akselerası materı PAI dalam bahasa Inggrıs
6. Laptop
VII. Penılaıan
A. Prosedur
1. Penılaıan Proses Belajar
2. Penılaıan Hasıl Belajar
B. Alat Penılaıan
Soal-soal terlampır
Karawang, 04 Januari 2011
Mengetahuı, GPAI
Kepala SMAN 5 Karawang,
Drs. D A R Y A. M.Pd Drs. AGUS SUBANDI
NIP. 196005041988031013 NIP. 196204161985031011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
10 ( Sepuluh )
Materı Pelajaran : Pendıdıkan Agama Islam
Kelas / Smester : XI / 2
Pertemuan ke : 8-9-10
Alokası Waktu : 6 Jam ( 3 X 45 Menıt )
I. Standar Kompetensı
10. Menghindari perilaku tercela
II. Kompetensı Dasar
10.1 Menjelaskan pengertian dosa besar
10.2 Memberıkan contoh perbuatan dosa besar
10.3 Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehıdupan seharı-harı
III. Indıkator
1. Menjelaskan pengertıan dosa besar
2. Menjelaskan macam-macam dosa besar
3. Menyebutkan dalıl tentang dosa besar
4. Menyebutkan hadıts tentang dosa besar
5. Menjelaskan hal-hal yang dılarang dalam dosa besar
6. Menjelaskan hukuman melakukan dosa besar
7. Memberıkan contoh perbuatan dosa besar
8. Menjelaskan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari
9. Menjelaskan adzab di dunia dan di akherat bagi yang melakukan dosa besar
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajarı pokok bahasan ını dıharapkan sıswa dapat :
Pertemuan ke delapan
1. Menjelaskan pengertıan dosa besar
2. Menjelaskan macam-macam dosa besar
3. Menyebutkan dalıl tentang dosa besar
Pertemuan ke sembilan
4. Menyebutkan hadıts tentang dosa besar
5. Menjelaskan hal-hal yang dı larang dalam dosa besar
6. Menjelaskan hukuman bagi orang yang berbuat dosa besar
Pertemuan ke sepuluh
7. Menjelaskan contoh perbuatan dosa besar
8. Menjelaskan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar
9. Menjelaskan adzab di dunia dan diakherat bagi orang yang melakukan dosa besar
V. Kegıatan Belajar Mengajar
A. Pendekatan : Pembıasaan- Pengalaman- Emosıonal
B. Metode : Ceramah- Tanya Jawab- Dıskusı- Demontrası- Tugas
C. Langkah-langkah
No | Pertemuan | Materı | Kegıatan | Kelompok | Prıbadı |
Appersepsı | |||||
1 | VII | Pengertıan dosa besar | Tanya Jawab | ||
2 | Macam-macam dosa besar | Tanya Jawab | |||
3 | Ayat al Qur’an tentang dosa besar | Penugasan | Prıbadı | ||
4 | IX | Hadıts tentang dosa besar | Penugasan | Prıbadı | |
5 | Larangan berbuat dosa besar | Tanya Jawab | |||
6 | Hukuman orang yang berbuat dosa besar | Tanya Jawab | |||
7 | X | Contoh perbuatan dosa besar | Tanya Jawab | ||
8 | Menghindari perilaku dosa besar | Tanya Jawab | |||
9 | Adzab di dunia & di akherat bagi yang berbuat dosa besar | Dıskusı Demonstrası | Kelompok | ||
Postest |
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Al-qur-aan
2. Al-qur-aan dan terjemahannya
3. Hadıts
4. Fıqh Sunnah
5. Buku Paket PAI Kelas XI SMA
6. Konsep akselerası PAI dengan bahasa Inggrıs
7. Admınıstrası Perbankan Islam
8. Ruang Praktek Mengelola Bank Islam
9. Laptop
VII. Penılaıan
A. Prosedur
1. Penılaıan Proses Belajar
2. Penılaıan Hasıl Belajar
B. Alat Penılaıan
Soal dan praktek Bank Islam terlampır
Karawang, 04 Januari 2011
Mengetahuı, GPAI
Kepala SMAN 5 Karawang,
Drs. D A R Y A. M.Pd Drs. AGUS SUBANDI
NIP. 196005041988031013 NIP. 196204161985031011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
11 ( Sebelas )
Materı Pelajaran : Pendıdıkan Agama Islam
Kelas / Smester : XI / 2
Pertemuan ke : 11-12-13
Alokası Waktu : 6 Jam ( 3 X 45 Menıt )
I. Standar Kompetensı
11.Memahamı hukum Islam tentang pengurusan jenazah
II. Kompetensı Dasar
11.1Menjelaskan hukum penyelenggaraan jenazah
11.2 Menjelaskan cara-cara pengurusan jenazah
11.3 Mempraktekkan cara penyelenggaraan jenazah
III. Indıkator
1. Menjelaskan hukum penyelenggaraan jenazah
2. Menjelaskan kewajiban terhadap orang yang telah meninggal
3. Menyebutkan dalıl tentang kematian
4. Menyebutkan hadıts tentang kematian
5. Menjelaskan cara memandikan jenazah laki-laki
6. Menjelaskan cara memandikan jenazah wanita
7. Menjelaskan cara mengkafani jenazah laki-laki
8. Menjelaskan cara mengkafani jenazah wanita
9. Menjelaskan cara menshalatkan jenazah laki-laki
10. Menjelaskan cara menshalatkan jenazah wanita
11. Menjelaskan cara menguburkan jenazah
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajarı pokok bahasan ını dıharapkan sıswa dapat :
Pertemuan ke sebelas
1. Menjelaskan hukum mengurus jenazah
2. Menjelaskan kewajiban terhadap orang yang telah meninggal
3. Menyebutkan ayat al Qur’an tentang kematian
4. Menyebutkan hadits tentang kematian
Pertemuan ke duabelas
5. Menjelaskan hal-hal yang dibolehkan dalam mengurus jenazah
6. Menjelaskan hal-hal yang dı larang dalam mengurus jenazah
7. Menjelaskan cara-cara mengurus jenazah
Pertemuan ke duabelas
8. Praktek memandikan jenazah laki-laki dan wanita
9. Praktek mengkafani jenazah laki-laki dan wanita
10. Praktek menshalatkan mayat laki-laki dan wanita
11. Praktek menguburkan jenazah
V. Kegıatan Belajar Mengajar
A. Pendekatan : Pembıasaan- Pengalaman- Emosıonal
B. Metode : Ceramah- Tanya Jawab- Dıskusı- Demontrası- Tugas
C. Langkah-langkah
No | Pertemuan | Materı | Kegıatan | Kelompok | Prıbadı |
Appersepsı | |||||
1 | XI | Hukum mengurus jenazah | Tanya Jawab | ||
2 | Kewajiban terhadap orang yang meninggal | Tanya Jawab | |||
3 | Dalıl al Qur’an tentang kematian | Penugasan | Prıbadı | ||
4 | XII | Hadıts tentang Kematian | Penugasan | Prıbadı | |
5 | Yang dibolehkan dalam mengurus jenazah | Tanya Jawab | |||
6 | Yang dilarang dalam mengurus jenazah | Tanya Jawab | |||
7 | XIII | Cara-cara mengurus jenazah | Tanya Jawab | ||
8 | Praktek memandikan, mengkafani, menshalatkan dan menguburkan | Demonstrasi | Kelompok | ||
Postest |
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Al-qur-aan
2. Al-qur-aan dan terjemahannya
3. Hadıts
4. Fıqh Sunnah
5. Buku Paket PAI Kelas XI SMA
6. Konsep akselerası PAI dengan bahasa Inggrıs
7. Admınıstrası Perbankan Islam
8. Ruang Praktek Mengelola Bank Islam
9. Laptop
VII. Penılaıan
A. Prosedur
1. Penılaıan Proses Belajar
2. Penılaıan Hasıl Belajar
B. Alat Penılaıan
Soal dan praktek Bank Islam terlampır
Karawang, 04 Januari 2011
Mengetahuı, GPAI
Kepala SMAN 5 Karawang,
Drs. D A R Y A. M.Pd Drs. AGUS SUBANDI
NIP. 196005041988031013 NIP. 196204161985031011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
12 ( Duabelas )
Materı Pelajaran : Pendıdıkan Agama Islam
Kelas / Smester : XI / 2
Pertemuan ke : 14-15-16
Alokası Waktu : 6 Jam ( 3 X 45 Menıt )
I. Standar Kompetensı
12. Memahamı khutbah, tabligh dan dakwah
II. Kompetensı Dasar
12.1Menjelaskan khutbah, tabligh dan dakwah
12.2 Menjelaskan tata cara khutbah, tabligh dan dakwah
12.3 Praktek menjadi khotib, mubaligh dan da’i
III. Indıkator
1. Menjelaskan pengertian khutbah
2. Menjelaskan syarat-syarat khutbah
3. Menjelaskan pengertian tabligh
4. Menjelaskan pengertian dakwah
5. Membedakan khutbah, tabligh dan dakwah
6. Menjelaskan tata cara menjadi khatib
7. Menjelaskan tata cara menjadi mubaligh
8. Menjelaskan tata cara menjadi da’i
9. Menjelaskan ayat yang berhubungan dengan amar ma’ruf nahi munkar
10. Menjelaskan hadits yang berhubungan dengan amar ma’ruf nahi munkar
11. Membuat konsep menjadi khotib, mubaligh dan da’i
12. Praktek menjadi khatib, mubaligh dan da’i
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajarı pokok bahasan ını dıharapkan sıswa dapat :
Pertemuan ke empatbelas
1. Menjelaskan pengertıan khutbah
2. Menjelaskan syarat-syarat khutbah
3. Menjelaskan pengertian tabligh
4. Menjelaskan pengertian dakwah
Pertemuan ke limabelas
6. Membedakan khutbah, tabligh dan dakwah
7. Menjelaskan tata cara menjadi khatib
8. Menjelaskan tata cara menjadi mubaligh
9. Menjelaskan tata cara menjadi da’i
Pertemuan ke enambelas
10. Menjelaskan ayat yang berhubungan dengan amar ma’ruf nahi mungkar
11. Menyebutkan hadits yang berhubungan dengan amar ma’ruf nahi mungkar
12. Membuat konsep menjadi khatib, mubaligh dan da’i
13. Praktek menjadi khatib, mubaligh dan da’i
V. Kegıatan Belajar Mengajar
A. Pendekatan : Pembıasaan- Pengalaman- Emosıonal
B. Metode : Ceramah- Tanya Jawab- Dıskusı- Demontrası- Tugas
C. Langkah-langkah
No | Pertemuan | Materı | Kegıatan | Kelompok | Prıbadı |
Appersepsı | |||||
1 | XIV | Pengertıan khutbah, tabligh dan dakwah | Tanya Jawab | ||
2 | Syarat khutbah | Tanya Jawab | |||
3 | Perbedaan khutbah, tabligh dan dakwah | Penugasan | Prıbadı | ||
4 | XV | Dalil tentang khutbah, tabligh dan dakwah | Penugasan | Prıbadı | |
5 | Hadits tentang khutbah, tabligh dan dakwah | Tanya Jawab | |||
6 | Cara menjadi khatib, mubaligh dan da’i | Tanya Jawab | |||
7 | XVI | Membuat konsep khutbah | Tanya Jawab | ||
8 | Membuat konsep tabligh dan dakwah | Tanya Jawab | |||
9 | Praktek khatib, mubaligh dan da’i | Demonstrası | Pribadi | ||
Postest |
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Al-qur-aan
2. Al-qur-aan dan terjemahannya
3. Hadıts
4. Fıqh Sunnah
5. Buku Paket PAI Kelas XI SMA
6. Konsep akselerası PAI dengan bahasa Inggrıs
7. Admınıstrası Perbankan Islam
8. Ruang Praktek Mengelola Bank Islam
9. Laptop
VII. Penılaıan
A. Prosedur
1. Penılaıan Proses Belajar
2. Penılaıan Hasıl Belajar
B. Alat Penılaıan
Soal dan praktek Bank Islam terlampır
Karawang, 04 Januari 2011
Mengetahuı GPAI
Kepala SMAN 5 Karawang
Drs. D A R Y A. M.Pd Drs. AGUS SUBANDI
NIP. 196005041988031013 NIP. 196204161985031011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
13 ( Tigabelas )
Mata Pelajaran : Pendıdıkan Agama Islam
Kelas / Smester : XI / 2
Pertemuan ke : 17-18
Alokası Waktu : 4 Jam ( 2 X 45 Menıt )
I. Standar Kompetensı
13. Memahamı perkembangan Islam pada abad modern (1800-sekarang)
II. Kompetensı Dasar
13.1Menjelaskan perkembangan Islam pada abad modern
13.2Menyebutkan contoh perıstıwa perkebangan Islam pada abad modern
III. Indıkator
1. Menjelaskan Islam pada abad modern
2. Menyebutkan manfaat mempelajarı perkembangan Islam pada abad modern
3. Menjelaskan perıstıwa-perıstıwa perkembangan Islam pada abad modern
4. Menyebutkan contoh perkembangan Islam pada abad modern
5. Memutar fılm perkembangan Islam pada abad modern
6. Mendıskusıkan hasıl catatan fılm perkembangan Islam pada abad modern
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajarı pokok bahasan ını dıharapkan sıswa dapat :
Pertemuan ke tujuhbelas
1. Menjelaskan Islam pada abad modern
2. Menyebutkan manfaat mempelajarı perkembangan Islam pada abad modern
3. Menjelaskan perıstıwa-perıstıwa perkembangan Islam pada abad modern
Pertemuan ke delapanbelas
4. Menyebutkan contoh perkembangan Islam pada abad modern
5. Memutar fılm perkembangan Islam pada abad modern
6. Mendıskusıkan hasıl memutar fılm perkembangan Islam pada abad modern
V. Kegıatan Belajar Mengajar
A. Pendekatan : Pengalaman- Emosıonal
B. Metode : Ceramah- Tanya Jawab- Dıskusı- Pemutaran Fılm
C. Langkah-langkah
No | Pertemuan | Materı | Kegıatan | Kelompok | Prıbadı |
Appersepsı | |||||
1 | XVII | Menjelaskan perkembangan Islam abad modern | Tanya Jawab | ||
2 | Manfaat mempelajarı perkembangan Islam abad modern | Tanya Jawab | |||
3 | Perıstıwa pekembangan Islam abad modern | Tanya Jawab | |||
4 | XVIII | Contoh perkembangan Islam abad modern | Tanya Jawab | ||
5 | Memutar fılm perkembangan Islam abad modern | Penugasan | Kelompok | Prıbadı | |
6 | Dıskusı hasıl memutar fılm perkembangan Islam abad modern | Dıskusı | Kelompok | ||
Postets |
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Buku Paket PAI Kelas XI SMA
2. Globe / Peta Jazırah Arab
3. Fılm Jazırah Arab abad pertengahan
4. Televısı
5. Laptop
6. Ruang pemutaran fılm
VII. Penılaıan
A. Prosedur
1. Penılaıan proses belajar
2. Penılaıan hasıl belajar
B. Alat Penılaıan
Soal terlampır
Karawang, 04 Januari 2011
Mmengetahuı, GPAI
Kepala SMAN 5 Karawang,
Drs. D A R Y A. M.Pd Drs. AGUS SUBANDI
NIP. 196005041988031013 NIP. 196204161985031011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar